#TM-1 WHAT ARE AN ORDER QUALIFIER AND AN ORDER WINNER?




Order qualifiers and order winners.
QUESTION NO 04

 (ENGLISH)
·   
          order qualifiers Generally a supplier must meet set minimum requirements to be considered a viable competitor in the marketplace. Customer requirements may be based on price, quality, delivery. 

    For example, the price for a certain type of product must fall within a range for the supplier to be considered. But being considered does not mean winning the order. To win orders a supplier must have characteristics that encourage customers to choose its products and services over competitors’. Those competitive characteristics, or combination of characteristics, that persuade a company’s customers to choose its products or services are called order winners. They provide a competitive advantage for the firm.
·         
            Order winners change over time and may well be different for different markets.
 For example, fast delivery may be vital in one market but not in another. Characteristics that are order winners today probably will not remain so, because competition will try to copy winning characteristics, and the needs of customers will change.

It is very important that a firm understands the order winners and order qualifiers for each of their products and in each of their markets because they should drive the manufacturing strategy.

     Since it is virtually impossible to be the best in every dimension of competition, firms should in general strive to provide at least a minimal level of acceptance for each of the order qualifiers but should try to be the best in the market for the order winner. One also should recognize that the order winners and qualifiers for any product/market combination are not static. Not only will customers change perspectives as competitors jockey for position, but the order winners and qualifiers will often change based on the concepts of the product life cycle. The product life cycle

Kualifikasi pesanan dan pemenang pesanan.(INDONESIA)

        kualifikasi pesanan Umumnya pemasok harus memenuhi persyaratan minimum yang ditetapkan untuk dianggap sebagai pesaing yang layak di pasar. Persyaratan pelanggan dapat didasarkan pada harga, kualitas, pengiriman.

          Misalnya, harga untuk jenis produk tertentu harus berada dalam kisaran untuk dipertimbangkan pemasok. Tetapi dipertimbangkan bukan berarti memenangkan pesanan. Untuk memenangkan pesanan, pemasok harus memiliki karakteristik yang mendorong pelanggan untuk memilih produk dan layanannya daripada pesaing. Karakteristik kompetitif tersebut, atau kombinasi karakteristik, yang membujuk pelanggan perusahaan untuk memilih produk atau layanannya disebut pemenang pesanan. Mereka memberikan keunggulan kompetitif bagi perusahaan.

          Order pemenang berubah dari waktu ke waktu dan mungkin berbeda untuk pasar yang berbeda.

          Misalnya, pengiriman cepat mungkin penting di satu pasar tetapi tidak di pasar lain. Karakteristik yang menjadi pemenang pesanan saat ini mungkin tidak akan tetap demikian, karena persaingan akan mencoba meniru karakteristik yang menang, dan kebutuhan pelanggan akan berubah.

          Sangat penting bahwa perusahaan memahami pemenang pesanan dan kualifikasi pesanan untuk setiap produk mereka dan di setiap pasar mereka karena mereka harus menggerakkan strategi manufaktur,

          Karena hampir tidak mungkin untuk menjadi yang terbaik di setiap dimensi kompetisi, perusahaan pada umumnya harus berusaha untuk memberikan setidaknya tingkat minimal penerimaan untuk masing-masing kualifikasi pesanan tetapi harus mencoba menjadi yang terbaik di pasar untuk pemenang pesanan.  Orang juga harus menyadari bahwa pemenang pesanan dan kualifikasi untuk setiap kombinasi produk / pasar tidak statis. Pelanggan tidak hanya akan mengubah perspektif ketika pesaing bersaing untuk mendapatkan posisi, tetapi pemenang pesanan dan kualifikasi akan sering berubah berdasarkan konsep siklus hidup produk. Siklus hidup produk.


KESIMPULAN : 


·         Kualifikasi Pesanan: 
                adalah keunggulan kopetitif/persaingan  seperti kualitas dari sebuah perusahaan atau toko ,kecepatan pengiriman ,fleksibilitas ,keandalan , dan  seni/gambaran  yang menyebabkan perusahaan memilih prodak tersebut atau layanan dari perusahaan tersebut. ini adalah  alasan utama mengapa pelanggan membeli prodak pada perusahaan tersebut

·                          Pemenang Pesanan: 
berubah dari waktu ke waktu dan mungkin berbeda untuk pasar yang berbeda, karena persaingan akan mencoba meniru karakteristik yang menang, dan kebutuhan pelanggan akan berubah. Atau karakteristik dari sebuah perusahaan yang akan memenangkan penawaran/pembelian pelannggan , dan perusahaan harus lebih baik dari pada pesaing mereka yang lain .




Daftar Pustaka

Arnold J.R.T , chapman , S.N, & Clive.L.N (2008) 
Introduction to Materials Management (6th ed) 
upper saddle river NJ. Pearson education.

Comments

Popular posts from this blog

#TM4-Manufering

# TM-2 Unloading activities at "our" plan