#TM-1 WHAT ARE AN ORDER QUALIFIER AND AN ORDER WINNER?
Order qualifiers and order winners.
QUESTION NO 04
(ENGLISH)
·
order qualifiers Generally a supplier must meet set minimum
requirements to be considered a viable competitor in the marketplace. Customer
requirements may be based on price, quality, delivery.
For example, the
price for a certain type of product must fall within a range for the supplier
to be considered. But being considered does not mean winning the order. To win
orders a supplier must have characteristics that encourage customers to choose
its products and services over competitors’. Those competitive characteristics,
or combination of characteristics, that persuade a company’s customers to
choose its products or services are called order winners. They provide a competitive
advantage for the firm.
·
Order
winners change over time and may well be different for different
markets.
For example, fast
delivery may be vital in one market but not in another. Characteristics that
are order winners today probably will not remain so, because competition will
try to copy winning characteristics, and the needs of customers will change.
It is very important that a firm understands the order
winners and order qualifiers for each of their products and in each of their
markets because they should drive the manufacturing strategy.
Since it is virtually impossible to be the best in every
dimension of competition, firms should in general strive to provide at least a
minimal level of acceptance for each of the order qualifiers but should try to
be the best in the market for the order winner. One also should
recognize that the order winners and qualifiers for any product/market
combination are not static. Not only will customers change perspectives as
competitors jockey for position, but the order winners and qualifiers will
often change based on the concepts of the product life cycle. The product life
cycle
Kualifikasi pesanan dan pemenang pesanan.(INDONESIA)
kualifikasi pesanan Umumnya pemasok harus memenuhi persyaratan minimum yang
ditetapkan untuk dianggap sebagai pesaing yang layak di pasar. Persyaratan
pelanggan dapat didasarkan pada harga, kualitas, pengiriman.
Misalnya, harga untuk jenis produk tertentu harus
berada dalam kisaran untuk dipertimbangkan pemasok. Tetapi dipertimbangkan
bukan berarti memenangkan pesanan. Untuk memenangkan pesanan, pemasok harus
memiliki karakteristik yang mendorong pelanggan untuk memilih produk dan
layanannya daripada pesaing. Karakteristik kompetitif tersebut, atau kombinasi
karakteristik, yang membujuk pelanggan perusahaan untuk memilih produk atau
layanannya disebut pemenang pesanan. Mereka memberikan keunggulan kompetitif
bagi perusahaan.
Order pemenang berubah dari waktu ke waktu dan mungkin
berbeda untuk pasar yang berbeda.
Misalnya, pengiriman cepat mungkin penting di satu
pasar tetapi tidak di pasar lain. Karakteristik yang menjadi pemenang pesanan
saat ini mungkin tidak akan tetap demikian, karena persaingan akan mencoba
meniru karakteristik yang menang, dan kebutuhan pelanggan akan berubah.
Sangat penting bahwa perusahaan memahami pemenang pesanan
dan kualifikasi pesanan untuk setiap produk mereka dan di setiap pasar mereka
karena mereka harus menggerakkan strategi manufaktur,
Karena hampir tidak mungkin untuk menjadi yang terbaik di
setiap dimensi kompetisi, perusahaan pada umumnya harus berusaha untuk
memberikan setidaknya tingkat minimal penerimaan untuk masing-masing
kualifikasi pesanan tetapi harus mencoba menjadi yang terbaik di pasar untuk
pemenang pesanan. Orang juga harus menyadari bahwa pemenang pesanan
dan kualifikasi untuk setiap kombinasi produk / pasar tidak statis. Pelanggan
tidak hanya akan mengubah perspektif ketika pesaing bersaing untuk mendapatkan
posisi, tetapi pemenang pesanan dan kualifikasi akan sering berubah berdasarkan
konsep siklus hidup produk. Siklus hidup produk.
KESIMPULAN :
·
Kualifikasi Pesanan:
adalah keunggulan
kopetitif/persaingan seperti kualitas
dari sebuah perusahaan atau toko ,kecepatan pengiriman ,fleksibilitas
,keandalan , dan seni/gambaran yang menyebabkan perusahaan memilih prodak
tersebut atau layanan dari perusahaan tersebut. ini adalah alasan utama mengapa pelanggan membeli prodak
pada perusahaan tersebut
· Pemenang Pesanan:
berubah dari waktu ke waktu
dan mungkin berbeda untuk pasar yang berbeda, karena persaingan akan mencoba
meniru karakteristik yang menang, dan kebutuhan pelanggan akan berubah. Atau karakteristik
dari sebuah perusahaan yang akan memenangkan penawaran/pembelian pelannggan ,
dan perusahaan harus lebih baik dari pada pesaing mereka yang lain .
Daftar Pustaka :
Arnold J.R.T , chapman , S.N, & Clive.L.N (2008)
Introduction
to Materials Management (6th ed)
upper saddle river NJ. Pearson education.
Comments
Post a Comment